Home » » Sejarah Singkat Ilmu Kesehatan Lingkungan

Sejarah Singkat Ilmu Kesehatan Lingkungan

Sejarah Singkat Ilmu Kesehatan Lingkungaan

Sejak 400 tahun sebelum masehi, manusia telah menduga adanya hubungan antara lingkungan dan penyakit. Minsalnya, “ilmuwan” pada zaman itu telah berpendapat bahwa malaria ialah penyakit yang berhubungan dengan udara atau cuaca yang buruk. Air kotor tidak baik bagi kesehatan perut, serta banyak lagi dugaan-dugaan ataupun teori-teori yang berkembang yang intinya mencoba menghubungkan gangguan kesehatan dengan lingkungan, meskipun kelak ternyata bahwa ternyata sebagian dugaan ini benar dan sebagian lagi keliru.

     Catatan kuno, maupun peninggalan berupa prasasti kuburan menunjukan bahwa penduduk kota-kota di Yunani, Romawi, maupun Mesir, rata-rata meninggal karena penyakit menular yang secara periodic merupakan wabah yang melanda seperti pes, malaria, cacar demam tifus dan lain-lain.

          Keracunan timah hitam, misalnya, tercatat sebagai penyakit tertua yang berhubungan denganlingkungan pekerjaan, sejak pertama manusia mengenal peradaban. Hippocrates, yang hidup sekitarempat abad sebelum masehi, selain di kenal sebagai Bapak Ilmu Kedokteran, di kenal pula sebagaiorang pertama yang mencatat efek buruk pada lingkumgan pekerja tambang timah hitam. Dalam papyrus peniggalan Fir’aun, seorang “dokter” juga telah mencatatadanya penyakit-penyakit yang berasal dari lingkungan pekerjaan: pada tukang perahu,pengatur air, dan pembuat papyrus. Gejala yang di lukiskan mirip atau “diduga” sejenis Schistomoasiasis.

       Upaya-upaya kesehatan masyarakat yang berintikan perbaikan kualitas lingkungan fisik, atau di kenal sebagai cikal bakal upaya kesehatan lingkungan juga telah di mulai pada Zaman Kreta, Romawi,dan Mesir. Misalnya kota-kota Romawi Kuno telah membangun leprosaria, yakini tempat merawat pernderita kusta, serta membangun proyek perpipaan air, system air limbah, dan lain-lain.

         Dengan kata lain, bukti-bukti empiris yang ada, menunjukan bahwa maasalah maupun upaya-upayakesehatan yang berkaitan dengan lingkungan, telah di mulai sejak Zaman Hippocrates. Dengan kata lain upaya-upaya “kesehatan lingkungan” srta Ilmu Kedokteran. Namun juga mencatat bahwa perkembangan ilmu-ilmu kesehatan, khususnya  kesehatan lingkungan dan kesehatan kerjamengalami periode perlambatan selama berabad-abad, hingga abad ke- 15 dan 16, ketika Ellenbog, Pracelsus dan Agricola mengemukakan teori-teori mereka tentang hubungan penyakit dan lingkungan kerja
Thanks for reading Sejarah Singkat Ilmu Kesehatan Lingkungan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment

Tata cara komentar
1. Komentar yang sopan
2. Mohon untuk tidak menaruh link aktif
3. Bertanya sesuai topik yang di bahas
4. Jika ada komentar yang mengandung unsur sara, judi, & porno akan admin hapus