Home » » Pengertian Ilmu Lingkungan

Pengertian Ilmu Lingkungan

Pengertian Ilmu Lingkungan

Ilmu lingkungan adalah penerapan berbagai prinsip dan ketentuan berbagai ekologi dalam kehidupan manusia. Penerapan prinsip dan ketentuan ekologi dalam kehidupan manusia dapat berupa pendekatan dan metodologi, yaitu:

1. Pendekatan Holistis

Pendekatan seutuhnya berupa analitik dan reduksionistis (Odum dan Boyden).

2. Pendekatan Evolusioner
Pendekatan yang mengkaji evolusi yang terjadi pada para pelaku lingkungan hidup, baik secara individual, populasi, maupun komunitas.

3. Pendekatan Interaktif
Menurut hasil pengkajian Price, dkk. (1983), suatu kehidupan harus di lihat dari hhubungan-hubungan interaktif antar komponen penyusun dan merupakan suatu pendekatan bottom up untuk mengenal ekosistem lingkungan hidup dengan lebuh baik.

4. Pendekatan Situasional
Jarvie, Papper, dan Vayda, menganjurkan pendekatan ekologi dengan cara memperhatikan situasi pada saat suatu permasalahan yang timbul.

5. Pendekatan Sosiosistem dan Ekosistem
Pendekatan ini berupaya memisahkan linkgungan hidup kedalam system social dan system alami serta mempelajarinya berdasarkan aliran materi, energy, dan informasi. Di antara keduanya akan menghaaasilakn proses seleksi dan adaptasi

6. Pendekatan Peran dan Perilaku Manusia
Pendekatan ini berupaya mempelajari peranan manusia dalam program MAB (man and biosphere) atau pendekatan pemanfaatan oleh manusia (UNESCO, 1974).

7. Pendekatan Kotektualisasi Progresisf
Pendekatan ini bersifat interdisipliner dan dapat di telusuri secara progresif sehingga setiap permasalahan dapat di mengerti dan di pahami dengan baik.

8.    8. Pendekatan Kualitas Lingkungan
Pendekatan ini merupakan kelanjutan pendekatan kontekstualisasi progresif yang kemudian di kembangkan dengan penyusunan analisis dampak lingkungan (AMDAL).

Masalah kesehatan merupakan suatu masalah  yang sangat kompleks, yang saling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri. Demikian pula pemecahan masalah kesehatan masyarakat, tidak hanya di lihat dari segi kesehatannya sendiri tetapi harus di lihat dari seluruh segi yang ada pengaruhnya terhadap masalah “sehat-sakit atau kesehatan tersebut.

       Ilmu Kesehatan Lingkungan ialah ilmu multidisipliner yang mempelajari dinamika hubungan interaktif antara dua kelompok penduduk atau masyarakat dan berbagai macam perubahan komponen lingkungan hidup manusia yang di duga dapat dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada masyarakat dan mempelajari upaya untuk penanggulangan dan pencegahannya.
Thanks for reading Pengertian Ilmu Lingkungan

« Previous
« Prev Post
Oldest

0 comments:

Post a Comment

Tata cara komentar
1. Komentar yang sopan
2. Mohon untuk tidak menaruh link aktif
3. Bertanya sesuai topik yang di bahas
4. Jika ada komentar yang mengandung unsur sara, judi, & porno akan admin hapus